Belanja, belanja, belanja, dan belanja. Sebagai seorang manusia, kita tidak bisa memungkiri kebiasaan kita yang satu ini. Apalagi kaum hawa. Kadang apabila ingin belanja pasti lupa sama yang namanya daratan. Lupa sama yang namanya “uang saya masih ada atau tidak ya?”. Karena belanja itu bagaikan suatu candu dalam membeli suatu kebutuhan yang kita inginkan. Sebenarnya tidak hanya wanita saja yang suka belanja. Para pria juga sangat menyukai belanja. Namun dalam belanja kita pun harus yang namanya mengontrol uang. Karena jangan sampai pengeluaran lebih banyak dibandingkan pemasukan kita. Namanya rugiii donk. Hahahahaha..😀. Tapi yang namanya kebutuhan dan masalah keuangan tidak akan ada habisnya. Karena itu memang sudah menjadi lingkup kehidupan masing – masing setiap manusia baik wanita maupun pria. Uang itu sangat kita perlukan. Kalian tahu bagaimana cara yang baik dalam  mengontrol keuangan ???? Saya disini akan berusaha memberikan solusi yang menurut saya agak manjur dan berkualitas. Cara mengontrol keuangan kita adalah dari kebutuhan itu sendiri. Kenapa kebutuhan? Dikarenakan kebutuhan itu selalu nempel dalam dunia kehidupan manusia. Kebutuhan itu bagaikan nyawa dalam hidup manusia. Sehingga setiap hari harus dipenuhi. Jadi dibagaimanakan kebutuhan tersebut??? Cara pertamanya adalah kenali dulu kebutuhan apa yang anda butuhkan. Maksudnya disini adalah kita sebagai manusia harus yang namanya memprioritaskan kebutuhan yang penting. Untuk memprioritaskan kebutuhan tersebut kan pasti harus mengenal dulu itu kebutuhan kita seperti apa. Lebih baik memprioritaskan kebutuhan yang penting – penting saja. Sebelumnya kita urutkan dulu kebutuhan kita itu dari yang sangat penting, penting, tidak penting sampai kebutuhan yang tidak terduga. Misalkan saja saya, saya adalah seorang mahasiswi di salah satu Universitas Swasta terkenal di Jakarta yaitu Universitas Gunadarma, menjadi seorang mahasiswa pastinya banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi. Kebutuhan buat sehari – hari dan kebutuhan buat bergaul dengan teman. Jadi saya mengurutkan dulu kebutuhan tersebut. Kebutuhan penting mahasiswa adalah fotokopi, membeli buku, dan membeli perlengkapan tulis. Kebutuhan lainnya adalah bergaul alias jalan – jalan dengan teman – teman. Dengan saya bgitu, otomatis saya sudah mengenal kebutuhan saya bagaimana dn sudah saya urutkan. Jadi saya berusaha untuk tidak boros. Boleh untuk melakukan kebutuhan lainnya tersebut tetapi ketika kita mempunyai tabungan lebih. Jangan belanja terlalu konsumtif, kalau belanja yang penting – penting saja. Prioritaskan kebutuhan penting itu terlebih dahulu. Bedakan mana yang butuh dan ingin. Kalau butuh itu wajib dipenuhi kalau ingin itu hanya hasrat yang belum tentu / tidak wajib dipenuhi.  Harus kontrol diri kita untuk memenuhi kebutuhan itu agar kita tidak belanja berlebihan. Ayoooo…. prioritaskan kebutuhan yang terpenting dulu, kontrol diri kita dari hasrat duniawi yang berlebihan agar kita dapat Mengontrol Keuangan kita dan menjadi hidup yang hemat. Karena tidak akan habisnya kalau kita mengikuti keinginan duniawi. Prioritaskan Kebutuhan deh pokoknya…🙂