Seperti yang kita tahu sebenarnya koperasi belum dapat berkembang secara luas. Pada jaman sekarang saja koperasi belum mampu melebarkan sayapnya untuk berkembang dikarenakan kebanyakan masyarakat di Indonesia belum mempunyai pengetahuan dan keberanian dalam memajukan dan mengembangkan koperasi tersebut yang ada di Indonesia. Dengan kelemahan kita seperti itu kita tidak dapat mampu untuk lebih mengembangkan sayap koperasi kita yang ada di Indonesia ke dunia Internasional atau ke dunia pasar global. Namun, agar kita lebih mengerti secara spesifikasi tentang pasar global tersebut.

Kita harus lebih memahami maksud dan tujuan dari pasar global tersebut. Menurut saya, globalisasi itu tersebut merupakan suatu sistem yang bersifat umum, terbuka , atau menyeluruh serta dapat berinteraksi dengan pihak luar baik itu pihak asing maupun pihak negaranya sendiri. Dengan kita sudah mengerti apa arti globalisasi tersebut, kita juga harus mengerti tentang pasarnya juga. Pasar itu sendiri berarti suatu tempat dimana terjadinya suatu transaksi antara konsumen atau pembeli dengan produsen atau penjual. Sehingga pengertian pasar global itu sendiri menurut saya adalah suatu tempat dimana transaksi berjalan secara menyeluruh, terbuka, dan umum dengan pihak asing atau pihak luar sehingga menemukan suatu persaingan di dalamnya.

Dengan persaingan di dalamnya tersebut membuat koperasi pun terkena dampaknya. Karena koperasi mengandung suatu tujuan dimana koperasi ingin mensejahterakan anggota yang tergabung dalam koperasi tersebut. Sehingga koperasi pun harus berjuang dan berusaha agar Koperasi masuk kedalam persaingan pasar global dan mampu bersaing dalam dunia pasar global. Dengan demikian koperasi harus menentukan BAGAIMANA KOPERASI TERSEBUT DALAM MENGHADAPI PASAR GLOBAL.

Jadi menurut saya, yang harus dilakukan oleh koperasi dalam menghadapi pasar global tersebut yaitu :

  1. Demokrasi Ekonomi Melalui Koperasi Rakyat

    Maksud dari demokrasi itu sendiri adalah bebas tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Sehingga dengan tanpa paksaan tersebut muncul suatu rasa kekeluargaan didalamnya. Rasa kekeluargaan itu merupakan suatu asas yang dimiliki oleh koperasi itu sendiri. Sehingga masyarakat atau anggota dari koperasi tersebut merasa lebih aman dan tentram apabila selalu bersama – sama berjuang demi kemakmuran sendiri. Itulah yang dicari dari rakyat. Dengan rasa aman dan tentram tersebut membuat anggotannya mampu bekerjasama dalam meningkatkan kegiatan produksi. Dengan inilah sesungguhnya yang menjadi latar belakang pentingnya pemberdayaan koperasi yang dapat digunakan sebagai acuan atau dasar yang dapat digunakan untuk bersaing dalam pasar global.

  2. Strategi Pemberdayaan Koperasi

    Dalam memajukan koperasi itu sendiri ada beberapa faktor kunci dalam pengembangan dan pemberdayaan koperasi :

    a. Pemahaman pengurus dan anggota akan jati diri koperasi itu sendiri yang antara lain penambahan pengetahuan terhadap 3 serangkai koperasi itu sendiri, yaitu : pengertian koperasi, nilai-nilai koperasi dan prinsip-prinsip gerakan koperasi.

    b. Dalam memenuhi kebutuhan anggotanya, serta dapat menjalankan usaha koperasi tersebut harus mampu mengidentifikasikan dan merincikan kebutuhan anggotanya secara kolektif. Proses untuk menemukan kebutuhan kolektif anggota sifatnya kondisional dan lokal spesifik. Dengan mempertimbangkan aspirasi anggota-anggotanya, sangat dimungkinkan kebutuhan kolektif setiap koperasi berbeda-beda.

    c. Untuk memasuki pasar global, dalam tubuh koperasi itu sendiri pun harus serius dilihat dari kesungguhan para pengurus dan anggota yang ada didalam koperasi. Karena dengan kesungguhan yang mereka perlihatkan membuat koperasi dapat bertahan dan bersaingan dalam dunia pasar global yang keras. Sehingga koperasi tersebut dapat mengelola kegiatannya secara profesional dan baik serta sesuai dengan tujuan koperasi tersebut.

  3. Peran pemerintah, pengusaha, masyarakat, dan anggota

    Dalam memasuki pasar global bukan hanya peran koperasi sendiri yang dibutuhkan akan tetapi juga peran pemerintah juga sangat dibutuhkan. Karena pemerintah merupakan suatu jembatan bagi koperasi untuk memasuki dunia pasar global. Selain itu pemerintah juga dapat membantu koperasi dalam hal finansial sehingga koperasi dapat meningkatkan mutu dan kualitas barang yang mereka hasilkan yang dapat dibawa dan diperdagangkan didalam pasar global. Dengan hal ini dapat membawa dampak baik bukan hanya bagi koperasi akan tetapi pemerintah pun mendapat keuntungannya dari kemajuan koperasi. Dari segi koperasi mereka mendapatkan keuntungan berupa mampu bersaing dalam pasar global sehingga menarik investor asing untuk menanamkan modal berupa uang maupun teknologi yang dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas koperasi. Sedangkan dari segi pemerintah, hal ini menimbulkan keuntungan karena pemerintah mendapatkan valuta asing dan semakin banyak investor asing yang menanamkan modal didalam negara. Serta mampu mengenalkan koperasi di indonesia dapat dan bisa bersaing di dunia internasional dengan barang yang mereka hasilkan.

  4. Melihat pesaing itu sebagai pemacu dan pedoman koperasi agar lebih berkembang di dunia pasar global.Dengan banyaknya pesaing didalam pasar global maka akan memacu koperasi untuk lebih berusaha agar tidak tertinggal dan terkalahkan dengan persaingan di dalam pasar global. Dengan cara, koperasi harus lebih memahami bagaimana para pesaing mampu bersaing dengan para pesaing lainnya di dalam dunia pasar global. Koperasi harus jeli untuk melihat kelemahan dan kelebihan para pesaing dalam meningkatkan persaingannya di dalam pasar global. Dengan koperasi mengetahui hal itu maka dapat memicu koperasi sehingga koperasi memiliki cara-cara untuk bertahan didalam persaingan tersebut.

  5. Hindari cara-cara yang tidak baik agar tidak muncul dampak buruk terhadap koperasi sendiri.Cara-cara tidak baik yang dimaksudkan diatas adalah tidak melakukan   kecurangan, tidak melakukan plagiatisme atas barang atau cara-cara yang dilakukan oleh pesaing, dan tidak melakukan korupsi. Dalam hal ini koperasi diwajibkan untuk jujur dalam hal bersaing di dunia internasional. Sehingga koperasi dipandang baik oleh negara lain dan mendapatkan sisi positif dalam perkembangan koperasi di Indonesia. Maka dari itu, koperasi harus mengajarkan kepada pengurus dan anggotanya untuk bersikap jujur dan bersaing secara sehat dimanapun.

 

NAMA : CLAUDIA PASKAH R.S.

KELAS : 2 EB 01

NPM : 21209225

JENIS : TUGAS

 

SUMBER :

1. http://vegadadu.blogspot.com/2010/10/bagaimana-koperasi-indonesia-menghadapi.html

2. http://www.majalah-koperasi.com/gerakan-koperasi-dalam-menghadapi-krisis-global/