Masalah – masalah yang dihadapi saat ini

Tiga persoalan yang selalu mendapat perhatian dari pemerintah maupun masyarakat karena dapat mempengaruhi setiap konsumen dalam sistem bisnis kita, yaitu :

 

1.      Inflasi

Inflasi adalah suatu kenaikan harga – harga barang dan jasa secara umum dalam perekonomian. Para ekonom telah merasakan bahwa inflasi itu merupakan suatu proses yang membatasi diri. Hal ini disebabkan oleh adanya ketidakseimbangansementara antara permintaan dan penawaran barang dan jasa. Jika permintaan turun atau penawan meningkat, seharusnya tingkat inflasi lebih rendah.

2.      Produktifitas

Produktifitas adalah keluaran barang dan jasa per unit tenaga kerja. Untuk meningkatkan produktifitas, orang tidak cukup hanya dengan bekerja keras, tetapi juga memerlukan peralatan dan metode kerja yang lebih baik. Disamping itu juga diperlukan peningkatan investasi, riset dan pengembangan, dan teknik – teknik manajemen yang lebih maju.

3.      Pengangguran

Tingkat pengangguran di Indonesia tidak dapat ditentukan secara tepat karena sulitnya mendapatkan data yang akurat. Bersamaan dengan resesi yang terjadi akhir – akhir ini banyak pekerja yang kehilangan pekerjaan. Pada umumnya pemutusan hubungan kerja ini terjadi karena perusahaan tidak mampu lagi membayar mereka sebagai akibat turunnya penghasilan ( dari penjualan ) secara drastis. Namun tidak mustahil jika kondisi perekonomian membaik yang berpengaruh juga pada kondisi perusahaan, maka pemutusan hubungan kerja ini dapat dibatalkan, dengan kata lain mereka ditarik kembali untuk bekerja.

 

Kesimpulan :

Apabila kita ingin mendirikan suatu bisnis. Maka kita harus memperhatikan dasarnya terlebih dahulu. Karena dasar nya tersebut mampu mengubah sebagian struktur dalam perekonomian. Bisnis merupakan suatu bagian dalam perekonomian. Dasar yang sangat mempengaruhi dunia bisnis tersebut adalah Inflasi, Produktifitas dan Pengangguran. Tiga dasar ini mempunyai peran yang sangat penting karena ketiga dasar terbut mampu menimbulkan masalah dalam dunia bisnis. Apabila berubah secara berkala. Dunia bisnis pun bisa berubah secara berkala. Sehingga kita harus mampu dan lebih memahami bagaimana kita dapat mengatasi masalah – masalah yang mempengaruhi dunia bisnis.

 

 

Refrensi :

Pengantar Bisnis modern yang diciptakan oleh Dr. Basu Swastha

 

 

 

NAMA            : CLAUDIA PASKAH RS

KELAS            : 2 EB 01

NPM               : 21209225

JENIS              : TULISAN